clock

Kamis, 05 April 2012

Tips Memilih Telenan

Tips Memilih Telenan  !

Telenan merupakan salah satu perangkat masak yang agak vital. Karena setiap memasak kita pasti memerlukanya entah itu untuk memotong daging, memotong sayur atau untuk memotong bumbu-bumbu yang akan digunakan. Namun, untuk memotong daging mentah yang biasanya mengandung kuman, talenan dari bahan apa yang lebih aman digunakan? Benarkah talenan dari bahan plastik, akrilik, atau kaca lebih baik?
Talenan yang terbuat dari kayu biasanya lebih berpori, sehingga membuat bakteri mudah terserap ke dalamnya. Namun, ahli mikrobiologi dari Food Research Institute di University of Wisconsin menemukan bahwa kayu memiliki sifat alami pembunuh bakteri, ha ini membuat bakteri akan mengering dan mati dalam 3 menit. Sedangkan talenan plastik justru membuat bakteri akan bertahan hidup dipermukaan ,selain itu kuman yang ada akan menggandakan diri dalam semalam.
Untuk memotong daging mentah gunakan talenan dengan permukaan yang tidak berpori. Talenan yang terbuat dari kayu boleh saja digunakan, namun jangan gunakan untuk memotong bahan makanan lain setelah anda pakai untuk mengiris daging agar kuman atau bakteri yang masih tertinggal di telenan tidak mengkontaminasi bahan makanan lainnya.
Selain memilih jenis telenan yang akan anda pakai anda juga harus memperhatikan kebersihan telenan yang anda pakai. Anda bisa mencucinya dengan air sabun yang hangat setiap selesai dipergunakan. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan angin-anginkan, atau bisa juga dikeringkan menggunakan tisu kertas. Talenan dari plastik, kaca, atau kayu yang solid, bisa dicuci dengan mesin pencuci piring.
Karena bakteri menyukai tempat yang lembab, maka jangan rendam telenan ke dalam air. Sebaiknya segera keringkan setelah dicuci bersih. Letakkan di rak piring telenan yang sudah bersih dengan posisi berdiri agar telenan selalu dalam keadaan kering.
Semua telenan, baik yang terbuat kayu atau plastik bisa menjadi aus setelah lama digunakan. Begitu talenan mulai terlihat lapuk, di permukaannya banyak terdapat goresan-goresan bekas irisan pisau, dan retakan lain yang membuatnya sulit dibersihkan, sebaiknya anda segera menggantinya dengan yang baru.


Sumber  !

Tidak ada komentar: