clock

Jumat, 09 Maret 2012

Telur Mentah dan Antioksidan


Telur Mentah dan Antioksidan  !

Beberapa orang mempercayai mitos bahwa telur merupakan salah satu bahan makanan yang menyebabkan naiknya kadar kolesterol. Padahal  menurut penelitian terbaru telur selain merupakan bahan pangan kaya protein juga mengandung antioksidan yang tinggi.
Kandungan antioksidan dari telur yang berasal dari ayam yang diberi pakan jagung dan  gandum dua kali lebih besar dibanding antiokisdan dalam apel. Bahkan, dari dua butir telur mentah kadar antioksidannya setara dengan 25 gram cranberries. Antioksidan kuat di dalam telur antara lain  asam amino, triptofan, dan tirosin. Selama ini kita hanya mengenal kerotenoid yang memberikan pigmen warna kuning pada telur. Namun antioksidan lain yang terkandung dalam telur terus digali oleh para ilmuwan.
Melalui penelitian yang dilakukan para ilmuwan sebelumnya, mereka menemukan bahwa protein telur diubah oleh enzim-enzim di perut dan usus halus menjadi peptida yang berfungsi seperti ACE inhibitor, obat yang biasanya diresepkan oleh dokter untuk menurunkan tekanan darah. Namun hasil penelitian ini justru menjadi kontroversial karena menuruyt penelitian sebelumnya bahwa konsumsi telur justru akan meningkatkan tekanan darah karena telur mengandung kolesterol yang tinggi.
Selain itu penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa telor yang dimasak dengan cara digoreng atau direbus akan kehilangan antioksidan hingga 50 persen bahwan apabila dimatangkan menggunakan microwave  akan kehilangan antioksidan lebih banyak. Telur merupakan sumber pangan bergizi dan murah. Dalam telur terkandung lipid,  vitamin, protein,  dan mineral.


Sumber  !
https://www.facebook.com/chemistry.org?ref=ts

Tidak ada komentar: