clock

Jumat, 09 Maret 2012

Rutin Mengkonsumsi Ikan Cegah Stroke


Rutin Mengkonsumsi Ikan Cegah Stroke  !

Menurut sebuah penelitian baru baru ini menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi ikan beberapa kali dalam seminggu mengalami penurunan resiko terserang stroke. Kesimpulan ini didapatkan berdasarkan 15 studi yang dilakukan di beberapa negara Eropa, Amerika, Jepang dan China. Penelitian yang dilakukan dengan mengukur frekuensi penduduk dalam hal mengkonsumsi ikan sebagai makanan sehari hari di negara negara tersebut memperoleh hasil berupa data dari sekitar 400.000 orang dalam rentang usia 30-103 tahun.
Berdasarkan penelitian tersebut diketahui pula bahwa kandungan asam lemak Omega 3  yang terkandung dalam ikan dapat mengurangi resiko terserang stroke, karena memiliki dampak positif terhadap kolesterol dan tekanan darah. Menurut para peneliti tersebut dinyatakan bahwa orang yang gemar mengkonsumsi ikan memiliki resiko 12 persen lebih rendah dibanding mereka yang jarang mengkonsumsi ikan.
Ikan Herring dan ikan salmon adalah ikan yang memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi. Mengkonsumsi ikan tersebut  2 hingga 3 kali dalam seminggu sudah cukup untuk mendapatkan manfaat dari nutrisi tersebut. Selain omega 3 beberapa nutrisi lain seperti vitamin Vitamin D, unsur selenium (se) dan beberapa protein lain di dalam ikan juga memiliki dampak positif bagi pencegahan serangan stroke. Meskipun belum ada kepastian bahwa dengan mengkonsumsi ikan dapat benar-benar terhindar dari serangan stroke.
Sumber  !


Tidak ada komentar: