clock

Jumat, 09 Maret 2012

Ternyata Air Putih Lebih Efektif Dibanding Minuman Diet


Ternyata Air Putih Lebih Efektif Dibanding Minuman Diet  !

Minuman manis rendah kalori atau yang biasa disebut minuman diet kini sangat mudah ditemui. Bagi yang sedang mejalankan program diet, minuman tersebut memang mampu mengurangi konsumsi kalori serta mampu menurunkan berat badan.  Namun ternyata menggantinya dengan air putih justru akan lebih bermanfaat bagi metabolisme.  Para peneliti dari University of North Carolina, Chapel Hill, melakukan penelitian selama 6 bulan terhadap 315 orang yang mengalami obesitas.
Dalam penelitian tersebut, partisipan dibagi menjadi 2 kelompok.S atu kelompok diminta untuk mengganti minuman berkalori yang dikonsumsi setiap hari sebesar 200 kkal dengan minuman diet. Sedangkan kelompok lainnya diminta mengganti minuman berkalori dengan minum air putih saja. Menurut laporan tahunan Society Obesitas di Orlando, Florida, kelompok yang mengganti minuman berkalori dengan air putih, dua kali lebih mungkin kehilangan 5% berat badannya. Namun peminum minuman diet akan mengonsumsi lebih banyak karbohidrat dan gula daripada mereka yang meminum air putih saja
Menurut penelitian yang dipimpin oleh Dr Barry Popkin M ini menunjukkan bahwa kemungkinan penurunan berat badan bagi pasien yang mengganti minuman berkalori dengan air putih akan mengalami peningkatan signifikan hingga 5 persen. Namun setelah berjalan enam bulan, kelompok yang hanya minum air putih mengalami peningkatan kadar glukosa yang signifikan dan tekanan darah diastoliknya lebih rendah dibandingkan dengan kelompok yang meminum minuman diet.
Partisipan yang mengkonsumsi minuman diet, setelah 3 bulan percobaan cenderung mengkonsumsi lebih banyak kalori. Mereka yang minum minuman diet cenderung lebih banyak memakan makanan pencuci mulut, pemanis dan roti dibandingkan dengan peminum air putih. Mereka justru lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat dan makanan manis sehingga hal inilah yang menjadikan alasan studi sebelumnya bahwa mereka tridak menemukan manfaat kesehatan dari minuman diet.
Sumber  !



Tidak ada komentar: