clock

Rabu, 11 Juli 2012

Tips Membuat Kue Yang Mengembang Sempurna


Tips Membuat Kue Yang Mengembang Sempurna !

Acara memasak itu mengasyikan lho! Apalagi jika masakan yang kita hasilkan sedap dan memuaskan. Tapi memasak itu tidak mudah lho. Karena membutuhkan feeling yang bagus sekaligus kesabaran, terutama saat memasak cake. Bagi yang masih pemula dalam hal memasak, kadang sudah patah semangat duluan kalau cake yang dibuat tidak mengembang dengan sempurna. Kadang bikin kesal sekali bukan ?
Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan agar kue yang anda buat bisa mengembang dengan sempurna.
  • Jika kita harus memasak menggunakan mixer lakukan secara bertahap, artinya adalah gunakan kecepatan rendah dahulu sampai maksimal. Kalau adonan sudah mulai mengental, turunkan kecepatan mixer.
  • Kocong adonan sampai lembut dan benar benar rata sehingga tidak meninggalkan sisa butiran. Hal itu akan ditandai dengan tertinggal jejak mixer seperti spiral setiap kali anda mengocok adonan di tiap bagian.
  • Pastikan kita sudah oven sudah kita panaskan saat ingin memanggang, jangan pernah memasukkan adonan cake ke dalam oven yang masih dingin karena hal ini akan mengakibatkan adonan yang kita buat menjadi kempes.
  • Jika Kue yang anda bikin dengan cara dikukus, pastikan dandang atau wajah untuk mengukus juga telah dipanaskan terlebih dahulu dan airnya sudah benar-benar mendidih.
  • Ada berbagai macam cake tertentu yang mengharuskan kita untuk tidak membuka oven sama sekali saat memanggang, seperti kue soes misalnya. Perubahan suhu yang drastis antara oven dengan suhu luar membuat proses pemanggangan dan pengembangan cake terhambat.
  • Jika kue yang anda buat menggunakan telur gunakan telur dalam suhu ruangan. Jangan pergunakan telur bersuhu dingin atau yang baru saja dikeluarkan dari kulkas.

Tidak ada komentar: