clock

Senin, 09 September 2013

Pertanyaan dan Jawaban Bab 10 “Implikasi Etis dari Teknologi Informasi”



1. Mana yang paling tidak berbeda antara satu masyarakat dengan yang lain, Moral – Etika, atau hukum  ?
Jawab : Moral, karena pada dasarnya moral merupakan tradisi informal prilaku baik, yang tetap konstan dari satu masyarakat ke masyarakat yang lain.

2.Apa yang dimaksud dengan Audit Etika ?
Jawab : Audit etika adalah, upaya untuk mempelajari bagaimana unit manajer dalam melaksanakan kerdo perusahaan.

5. Apakah Amerika Serikat mengambil cara pandang yang ketat / longgar dalam memandang kebutuhan untuk mendapatkan paten peranti lunak ?
Jawab : Ketat, karena dengan cara ini pemerintah federal Amerika Serikat secara bertahap telah menetapkan sebuah kerangka hokum untuk penggunaan computer.

6. Dalam menerapkan suatu budaya etika, dilaksanakan 3 tindakan. Apa saja tindakan itu ?
Jawab : Bentuk : Kredo Usaha, Program Etika, dan Kode perusahaan yang disesuaikan.

7. Manajer manakah yang memiliki tenggung jawab untuk penerapan etika berkomputer di dalam suatu perusahaan ?
Jawab : CIO, karena seorang CIO harus menyadari dampak penggunaan berkomputer terhadap masyarakat dan merumuskan kebijakan yang menjaga agar teknologi tersebut digunakan diseluruh perusaaan secara etis.

8. Apa saja 3 komponen dari factor ketidak tampakan?
Jawab :
1.      Nilai pemrograman yang tidak tampak
2.      Perhitungan rumit yang tidak tampak
3.      Penayalahgunaan yang tidak tampak

 
9.  Bab ini menjelaskan beberapa hokum-hukum Amerika Serikat yang membahas satu atau lebih komponen PAPA. Sebutkan masing-masing hokum itu dan jelaskan komponen-komponen yang dibahas  !
Jawab :
1.      Privasi : Hak agar dibiarkan sendiri
2.      Mendapat keakuratan
Ko0mputer memungkinkan tingkat keakuratan yang tidak dapat dicapai dengan system non computer. Potensi ini memang tersedia, namun tidak selalu didapatkan. Beberapa system berbasis computer berisikan lebih banyak kesalahan dari pada yang diberikan system manual.
3.      Kepemilikan
Hak kepemilikan intelektual, biasanya dalam bentuk program computer
4.      Mendapatkan Akses
Sebelum diperkenalkannya basis data yang terkomputerisasi, kebanyakan informasi yang tersedia untuk masyarakat umum dalam bentuk dokumen cetak atau gambar mikro format yang disimpan diperpusatakaan. Informasi ini berisi berita, hasil penelitian ilmiah, statristik pemerintah dan lain-lain. Sekarang kebanyakan informasi ini telah dikonversikan ke basis data komersial, sehingga membuat ketersediannya berkurang.

 
 
 

Topik Diskusi
1.      1. Bab ini menyebutkan bahwa seorang auditor internal melaksanakan audit etika perusahaan. Adakah orang lain di dalam p[erusahaan yang dapat melakukan tugas ini ? apakah mereka sebaiknya melakukan tugas ini  ?
Jawab : Ada, yaitu Auditor Eksternal (akuntan public)
Karena ia memiliki tugas yang cukup penting bagi perusahaan yaitu melaksanakan proses pengumpulan dan pengevaluasian bukti-bukti dari keterangan yang terukur dari suatu kesatuan ekonomi  dengan tujuan untuk mempertimbangkan dan melaporkan tingkat kesesuaian dari keterangan yang terukur tersebut dengan criteria yang telah ditetapkan terhadap laporan keuangan perusahaan-perusahaan yang “Go Publik” maupun perusahaan-perusahaan besar lainnya.
2.      
2. Kenapa perusahaan ingin menyusun kode etik sendiri, sementara banyak kode etik standar telah tersedia ?
Jawab : Hal ini dinilai karena mereka ingin memamerkan mutu etisnya dan sekaligus meningkatkan kredibilitasnya.
Karena, dengan menyusun kode etik sendiri, dapat memiliki beberapa kelebihan dibandingkan dengan perusahaan-perusahaan lai. Juga mampu berfungsi sebagai cara ampuh untuk melambangkan etika dalam struktur dan kegiatan perusahaan.
3.     
3. Bagaimana perusahaan dapat menjaga agar kelenturan logis tidak menuju pada pelanggaran etika ?
Jawab : Selalu bertindak pada jalurnya, dalam menggunaka computer dengan cara  bertiindak secara etis, mampu menjaga kita dari pelanggaran-pelanggaran dan akan tetap  menjaga kelenturan logis tetap pada fungsinya.

Tidak ada komentar: