clock

Rabu, 11 Juli 2012

Cara Aman Konsumsi Mie Instan


 Cara Aman Konsumsi Mie Instan
 
Berbagai persepsi dan pendapat negatif tentang mie instan sudah akrab sekali ditelinga anda. Mulai dari perut kembung setelah makan mie instan hingga mie instan yang bisa menimbulkan berat badan bertambah.  Memilih makan mie instan penting untuk memerhatikan papan gizi pada kemasan mi instan. Kandungan lemak tinggi  dan garam sodium dalam jumlah tinggi pada bumbu itu kurang begitu baik bagi kesehatan. Sodium inilah yang perlu dicermati, dan sebaiknya asupan sodium tak melebihi dari 300 mg per sajian. Perhatikan jumlah sodium di papan gizi.
Memang tidak pernah ada aturan pasti seberapa sering kita boleh mengkonsumsi mie instan. Tapi penting bagi setiap orang untuk menjalankan pola makan dengan gizi seimbang dan kebiasaan makan yang baik juga memerhatikan unsur kesehatan.
Mie instan menggunakan gandum sebagai bahan pokoknya sehingga karbohidrat yang terkandung didalamnya setara dengan nasi, kentang dan sumber karbohidrat lainnya. Jika anda ingin mengkonsumsi instan untuk makan anda sebaiknya imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang dapat mencukupi kebutuhan gizi lainya seperti protein, serat, dan zat gizi lainnya bukan menambahnya dengan nasi karena justru akan semakin banyak karbohidrat yang anda konsumsi.  mengkonsumsi mie instan setiap hari tak masalah asalkan anda juga memperhatikan asupan buah, sayuran, protein selain juga lebih jeli memperhatikan tabel gizi dalam mi instan. Namun jangan juga sepanjang hari makan nasi, mie, kentang tanpa mengasup kebutuhan gizi lainnya, sehingga kebutuhan nutrisi menjadi tidak  seimbang.
Ketidak seimbangan nutrisi yang kita konsumsi inilah yang kadang menimbulkan gangguan kesehatan. Jadi masalah yang sebenarnya bukanlah pada mie instannya tetapi terletak pada ketidak seimbangan gizi yang kita asup saat mengkonsumsi mie instan. Yang juga perlu anda perhatikan saat makan mi instan, baik sebagai camilan atau makanan utama,  sebaiknya jangan mengkonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi. Dalam satu bungkus mi instan mengandung sekitar 200 kalori. Sementara 100 gram nasi seporsi semangkuk kecil mengandung 300-400 kalori.
Anda bisa kelebihan kalori dan asupan karbohidrat jika membiasakan makan mi instan dengan menambahkan nasi, apalagi jika tak dibarengi pola makan gizi seimbang, dengan mencukupi asupan lemak, protein, dan serat dari buah juga sayuran.

Tidak ada komentar: