clock

Kamis, 05 April 2012

Tips Menyimpan Bahan Makanan


Tips Menyimpan Bahan Makanan  ! 
Menurut penelitian, rata rata setiap keluarga membuang 50 kg bahan makanan atau menghabiskan Rp 400 ribu untuk membeli bahan makanan yang akhirnya membusuk dan dibuang karena tehnik penyimpanan yang salah. Bahan makanan seperti buah-buahan, sayuran, bumbu masak, susu dan beberapa bahan lainnya merupakan bahan makanan yang tidak mampu bertahan lama serta mudah busuk.
Simak tips penyimpanan bahan makanan berikut agar tidak banyak bahan makanan yang membusuk dan terbuang percuma.
  • Menyimpan telur
    Simpanlah telur didalam wadah telur yang biasanya banyak dijual dipasaran kemudian simpan di dalam kulkas. Dengan cara seperti ini biasanya telur mampu bertahan hingga 4 minggu.
  • Menyimpan keju keras
    Bungkus keju kedalam plastik atau alumunium foil yang kedap udara, masukan kedalam kulkas. Dengan cara penyimpanan yang benar, keju mampu bertahan 2 hingga 4 bulan sejak tanggal pembelian
  • Menyimpan daging
    Gunakan wadah khusus untuk menyimpan didalam kulkas agar bisa bertahan 2 hingga 4 hari. Jika baru akan diolah pada waktu lama lebih baik bekukan daging didalam freezer.
  • Menyimpan susu dan yogurt
    Simpan Yogurt di dalam kulkas untuk menjaga agar bakteri baik tetap hidup dan bisa bertahan untuk bisa dikonsumsi hingga 2 minggu setelah pembelian. Untuk susu sebaiknya jangan menyimpan dipintu kulkas karena temperaturnya akan cenderung hangat dan memperpendek ketahanan susu.
  • Menyimpan buah-buahan
    Simpan buah buahan didalam wadah yang mempunyai ventilasi. Pisahkan antara buah yang masih baik dengan yang sudah rusak atau membusuk. Khusus untuk buah apel agar warnanya tidak berubah menjadi coklat, percikkan air buah lemon. Jangan menyimpan apel didekat sayuran karena apel memproduksi ethylene, senyawa kimia yang bisa membuat sayur cepat busuk.
  • Menyimpan sayur sayuran
    Pastikan sayuran dalam keadaan bersih dan kering saat disimpan karena air yang masih tersisa dapat mempercepat proses pembusukan. Anda bisa juga membungkus sayuran dengan kertas agar sayuran lebih awet didalam kulkas.

Sumber  !

Tidak ada komentar: