clock

Jumat, 23 Maret 2012

Memilih wadah plastik yang aman untuk makanan

Memilih wadah plastik yang aman untuk makanan  !

Plastik dan beberapa produknya seperti wadah plastik menjadi pilihan perlengkapan rumah tangga dengan ragam model dan kegunaan. Bahannya yang tidak mudah pecah, Kemudahan pemakaianya dan flekibilitasnya itulah yang menjadikan plastik banyak menjadi pilihan ibu rumah tangga. Namun karena makanan sangat erat hubungannya dengan kesehatan kita maka sebaiknya jangan asal memilih dan membeli produk plastik untuk wadah makanan anda.



Perhatikan kadar yang aman migrasi bahan kimia yang terkandung di dalam wadah plastik yang anda pakai. Migrasi bahan kimia dari wadah plastik disebabkan oleh suhu makanan, kondisi penyimpanan dan pengolahan bahan makanan anda. Semakin tinggi suhunya dan semakin lama makanan disimpan, maka semakin banyak bahan kimia yang bermigrasi.  Yang juga perlu diperhatikan sebaiknya pilihlah wadah plastik yang berasal dari bahan termoplastik yaitu bahan yang bisa didaur ulang lewat proses pemanasan ulang. Karena ada beberapa jenis plastik yang membutuhkan waktu  hingga ratusan tahun untuk bisa terurai secara alami.
Hal yang juga perlu anda perhatikan dalam memilih wadah plastik adalah juga plastik Food Grade. Yakni kemasan plastik yang direkomendasikan oleh Food and Drug Administration (FDA) di Amerika. Menurut FDA, kemasan plastik Food Grade dinilai aman bagi kesehatan untuk digunakan sebagai wadah makanan dan minuman. Sedangkan secara awam untuk mengetahui apakah wadah plastik yang akan kita beli atau kita gunakan sudah memenuhi standar Food Grade bisa dilihat sebagai berikut:
  1. Terdapat simbol gelas dan garpu
  2. Terdapat tulisan Food Grade
  3. Terdapat tulisan “Approved by FDA”
  4. Merupakan merek dagang yang dipatenkan
    Sumber  !

Tidak ada komentar: