clock

Jumat, 23 Maret 2012

Memanfaatkan sisa putih telur


 
Memanfaatkan sisa putih telur  !

Saat membuat roti biasanya kita banyak memanfaatkan kuning telur sebagai campuran adonannya.  Dan seringkali putih telur tidak dimanfaatkan bahkan mungkin malah dibuang. Namun sebaiknya jangan cepat-cepat membuang putih telur ini karena masih banyak ide untuk memanfaatkanya.
  • Cara paling mudah menyimpan putih telur kedalam freezer adalah dengan menuangkannya kedalam cetakan es dan dibekukan di dalam freezer. Ambil bongkahan es putih telur taruh didalam plastik dan didalam freezer. Sebelum putih telur akan digunakan pindah ke dalam kulkas dan biarkan hingga satu malam hingga mencair. 2 sendok putih telur ini sama nilainya dengan 1 butir telur segar.
  • Cara paling mudah memasak sisa putih telur adalah dengan memasaknya menjadi omlet asin ataupun omlet manis.
    - Membuat Omlet manis putih telur . Kocok 100 ml putih telur, kemudian tambahkan 50 gram gula pasir, kocok terus hingga mengembang. Tambahkan tepung terigu 2 sendok makan dan aduk hingga merata. Tuang kedalam penggorengan dan tambahkan irisan buah apel, masak hingga kedua sisinya matang.
    -Membuat Omlet asin putih telur.  Kocok putih 100 ml putih telur dan masukkan irisan 4 buah bawang merah yang diiris halus, 2 siung bawang putih, dua batang daun bawang dan irisan kol. Tambahkan garam dan lada, aduk hingga merata. Tuang ke dalam wajan yang sudah diberi 2 sendok makan margarin, masak hingga matang.
  • Selain untuk omlet, putih telur juga dapat divariasikan untuk membuat berbagai sajian. Salah satunya bisa dimanfaatkan untuk membuat tumis putih telur cabai hijau dan berbagai jenis masakan lainya.
  • Putih telur juga dapat dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan. Caranya kocok putih telur hingga berbusa dan gunakan sebagai masker. Setelah mengering cuci wajah hingga bersih. Kulit akan terasa lebih kencang dan lebih segar.
  • Putih telur juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi luka bakar. Caranya dengan mengoleskan putih telur tersebut kedalam area yang terkena panas. Jika luka masih terasa panas oleskan kembali putih telur hingga tidak lagi terasa panas.
Sumber  !



Mulai sekarang jangan langsung buang sisa putih telur anda karena bisa anda manfaatkan seperti diatas.

Tidak ada komentar: