clock

Jumat, 09 Maret 2012

Manfaat Makanan Berserat


Manfaat Makanan Berserat  !

Didalam dunia kesehatan makanan berserat sudah dikenal sejak tahun 1970, berkat jasa dua orang ilmuwan asal Inggris. Waktu itu, sejak mereka berdua lama bekerja di Afrika Selatan, mereka menemukan bahwa penyakit – penyakit yang banyak menyerang orang Eropa ternyata jarang menyerang orang Afrika yang pola makannya kaya makanan berserat.
Kemudian mereka menyimpulkan bahwa orang eropa yang jarang makan makanan berserat akan menjadi lebih sehat jika mau meningkatkan konsumsi seratnya. Serat hanya ada dalam bahan makanan yang berasal dari tumbuhan dan berfungsi menyusun dinding sel tanaman.
Serat dibagi menjadi dua jenis yaitu serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Serat yang tak larut dalam air berbentuk seperti busa spon dan mampu menyerap air tiga kali volume serat tersebut. Yang termasuk dalam kelompok serat ini terdiri dari selulosa, hemiselulosa dan lignin. Bahan makanan yang banyak mengandung serat yang tidak larit dalam air diantaranya adalah sereal, beras merah, bekatul, gandum, buah yang dmakan bersama kulitnya (anggur, apel, pir) dan sayuran yang dikonsumsi bersama batangnya (sawi, seledri, kailan) buah sayuran (nangka muda, keluwih) kacang merah, kacang hijau dan kacang tolo.
Sedangkan kelompok serat yang termasuk dalam serat larut dalam air diantaranya adalah pektin, psillium, gum, beta-glukan. Pektin dimasukkan ke dalam serat larut dalam air karena bentuk fisiologisnya berbentuk gel . Bahan makanan sumber pektin diantaranya adalah jeruk,  apel, pir, pepaya, pisang, sayuran tunas ( asparagus, rebung, taoge ), sayuran polong ( kacang panjang, kacang kapri, buncis ), jagung, havermouth, rumput laut, biji – bijian ( termasuk selasih ) dan cincau.
Menurut hasil pengamatan dan penelitian dari beberapa ahli kesehatan bahwa dengan rutin mengkonsumsi makanan berserat secara teratur dalam porsi yang wajar akan membantu dalam hal berikut ini:
  1. Memperindah kulit, rambut dan kuku
  2. Mencegah usus buntu
  3. Menurunkan Kolesterol dalam darah
  4. Membantu mengatasi anemia
  5. Membantu perkembangan BAKTERI BAIK dalam usus
  6. Memperbaiki mood
  7. mengatasi diabetes
  8. Mencegah Sembelit
  9. Membantu menurunkan berat badan
  10. Membuat awet muda
  11. Membantu mencegah kanker usus besar dan kanker payudara
  12. Membantu proses detoksifikasi
Jika anda merasa kurang mengkonsumsi serat, sebaiknya mulai saat ini anda menambahkan beberapa menu makanan yang memiliki serat yang tinggi agar kesehatan tetap terjaga.


Sumber   !

Tidak ada komentar: