clock

Jumat, 09 Maret 2012

Manfaat Makanan Pedas


 Manfaat Makanan Pedas  !

Saat makan saya merasa ada yang kurang jika tidak ada rasa pedas, kadang saya perlu mecari sambal atau mungkin cabe untuk lalapan agar makan terasa lebih nikmat. Meskipun tidak semua orang suka akan masakan pedas.  Namun masakan pedas itu tidak selalu identik dengan campuran cabe, rasa pedas didalam masakan bisa diperoleh dengan menambahkan lada hitam, merica, atau beberapa bumbu dapur lainnya.  Sebagai penyuka masakan pedas seperti saya, mungkin ini berita baik, karena ternyata masakan pedas mempunyai beberapa manfaat untuk kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari makanan pedas yang baik bagi kesehatan tubuh kita.
  • Menyehatkan Jantung
    Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi makanan pedas menyebabkan resiko serangan jantung dan stroke semakin berkurang. Alasannya karena cabe merah memiliki kemampuan untuk merusak koleserol jahat, sedangkan kapsaisin-nya mampu melawan peradangan. Kolesterol dan peradangan merupakan faktor resiko penyakit jantung.
  • Menurunkan berat badan
    Sebagian besar dari kita pasti setuju, makanan apapun yang diberi sambal pasti akan lebih menggugah selera. Jika Anda mau, makanan diet Anda pun bisa diberi cocolan sambal. Rasa pedas mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Studi menunjukkan bahwa kapsaisin yaitu sebuah senyawa utama yang terkandung dalam cabe, memiliki efek termogenik yang bisa menyebabkan tubuh membakar kalori saat mengunyah makanan selama 20 menit.
  • Mencagah resiko kanker
    Menurut Hasil riset American Association for Cancer Research,  kapsaisin juga memiliki kemampuan membunuh beberapa sel kanker dan leukimia. Sedangkan kunyit, yang dijadikan bumbu kari dan mustar, bisa memperlambat pertumbuhan tumor serta penyebaran sel kanker. jika anda ingin memberikan hasil maksimal, Anda bisa mengkombinasikannya dengan lada hitam untuk menyerap kunyit 2.000 persen lebih banyak.
  • Menurunkan tekanan darah
    Cabai mengandung vitamin A dan C yang mampu menguatkan dinding otot jantung, sementara panas yang dihasilkan oleh lada mampu meningkatkan aliran darah keseluruh tubuh. Kombinasi mereka mampu meningkatkan kardiovaskuler yang lebih kuat.
  • Mengurangi stress
    Makanan pedas meningkatkan produksi hormon serotonin, yaitu hormon yang memberikan rasa menyenangkan. Oleh karena itu mengkonsumsi makanan pedas mampu  membantu mengusir stres dan depresi.
Namun sebaiknya anda tidak mengkonsumsinya secara berlebihan , karena semua hal yang berlebihan tentu tidak baik.
Sumber   !


Tidak ada komentar: