clock

Sabtu, 10 Maret 2012

Agar Kecap Tidak Cepat Gosong


 Agar Kecap Tidak Cepat Gosong  !

Sepertinya hampir semua orang menyukai kecap,  karena menjadikan masakan menjadi manis dan gurih. Tapi sayangnya karena tehnik yang salah tak jarang justru menjadikan masakan kurang sedap. Menurut Salah satu pakar masak Indonesia, Olivia wongso Hal yang perlu diperhatikan saat memasak menggunakan kecap adalah lamanya waktu memasak. Timing  yang sesuai saat memasak akan menjadikan cita rasa kecap akan tetap terjaga. Ketika Anda memasak makanan kering dengan menggunakan kecap, seperti sambal kering, mie goreng,nasi goreng, dan masakan lainya sebaiknya Anda menambahkan kecap pada akhir proses memasak. Hal ini dimaksudkan agar kecap yang kita masak tidak mengalami proses karamelisasi yang berlebihan sehingga menyebabkan masakan menjadi gosong.
Sedangkan untuk masakan berkuah yang menggunakan kecap seperti semur atau masakan lainnya, sebaiknya kecap ditambahkan disaat awal proses memasak.  Dengan menambahkan kecap pada saat awal proses memasak agar kecap dan bumbu lainnya bisa menyerap masuk sampai ke daging bagian dalam sehingga masakan menjadi lebih nikmat.
Saat memasak menggunakan kecap sebaiknya anda juga memperhatikan besar kecilnya api yang digunakan, serta jangan memasak dengan suhu yang terlalu tinggi. Lebih baik anda menggunakan api sedang atau bahkan kecil saat memasak.



Sumber  !

Tidak ada komentar: