clock

Jumat, 09 Maret 2012

Mengurangi Resiko Kanker Kulit Dengan Minum Kopi


Mengurangi Resiko Kanker Kulit Dengan Minum Kopi  !

Meskipun kafein yang terkandung di dalam kopi identik dengan dampak buruk bagi kesehatan. Tapi tahukah anda bahwa kopi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan kita. Dan kali ini saya ingin membahas salah satu manfaat kopi yang mampu mengurangi resiko kanker kulit. Sebuah  Konferensi internasional yang diselenggarakan di Boston oleh Asosiasi Amerika untuk Penelitian dan Pencegahan Kanker ini menunjukkan bahwa dengan rajin meminum kopi, terutama bagi wanita akan memiliki efek positif mengurangi risiko kanker kulit.
Dengan meminum kopi minimal 3 gelas sehari, seorang wanita memiliki 20% lebih rendah resiko terkena Karsinoma Sel Basal dibanding wanita yang hanya meminum 1 cangkir kopi setiap hari. Sedangkan pria yang meminum yang meminum dengan jumlah yang sama meliki 9% lebih rendah resiko menghadapi kanker jenis ini. Karsinoma Sel Basal atau BBC adalah salah satu jenis kanker kulit yang paling banyak ditemukan yaitu sekitar 75%. Hal ini berdasarkan data dari American Cancer Society bahwa sampai saat ini sudah ditemukan hingga 22.786 kasus akibat jenis kanker ini.
Namun sayangnya manfaat positif dari kopi ini belum terlihat positif untuk jenis kanker kulit seperti karsinoma sel skuamosa maupun melanoma. Pada beberapa penelitian yang dilakukan sebelumnya juga menunjukkan bahwa peminum kopi cenderung memberikan risiko kanker payudara, rahim, prostat dan kanker usus besar. Efek yang bagus justru tidak terlihat pada peminum kopi yang tidak mengandung kafein.
Sumber  !


Tidak ada komentar: