clock

Jumat, 09 Maret 2012

Manfaat Sarapan Bagi Anak


Manfaat Sarapan Bagi Anak !

Sarapan pagi memiliki manfaat bagi siapapun tak terkecuali anak anda, hal ini telah dibuktikan oleh beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Tapi, khusus untuk anak ana yang masih dalam usia sekolah sarapan pagi secara rutin merupakan hal yang sangat baik karena memberikan manfaat yang banyak baik secara fisik maupun mental bagi anak.
Penelitian yang dilakukan oleh Universitas di Florida Amerika Serikat pada tahun 2005, menemukan bahwa anak-anak dan remaja yang secara teratur melakukan sarapan cenderung memiliki profil yang unggul dalam hal dibanding mereka yang tidak melakukan sarapan di pagi hari. Hasil penelitian itu juga menunjukan manfaat lain yang diperoleh dari sarapan, yaitu meningkatkan kemampuan memori, hasil test, serta tingkat kehadiranya di sekolah.
Peneliti dari Universitas Parma di Italia juga mengungkapkan keuntungan dari sarapan tersebut. anak-anak serta remaja yang rajin sarapan cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk memiliki berat badan berlebih.  Menurut hasil penelitian tersebut seperti yang diterbitkan oleh jurnal “Acta Medica” menunjukan sekitar 27,5 persen anak anak yang mengabaikan sarapan pagi mengalami kelebihan berat badan bahkan 9,6 persen diantaranya mengalami obesitas. Sedangkan anak-anak yang rajin sarapan pagi hanya 9,1 persen yang mengalami kelebihan berat badan, dan hanya 4,5 persennya saja yang mengalami obesitas.
Menurut Mayo Clicic dan American Dietetic, meskipun masih diperlukan Penelitian lebih lanjut untuk menetapkan rekomendasi spesifik mengenai sarapan pagi, namun sudah banyak bukti untuk mendukung pentingnya melakukan sarapan pagi terutama bagi anak-anak dan remaja. Dengan melakukan sarapan pagi berarti kita memberikan kesempatan bagi mereka untuk mendapat nutrisi penting yang berfungsi sebagai “bahan bakar” untuk melakukan aktivitas fisik dan kinerja mental sepanjang hari.
Sumber   !


Tidak ada komentar: