clock

Selasa, 31 Juli 2012

Manfaat buah Kurma



Kurma merupakan jenis buah yang selalu populer di bulan ramadhan. Buah kurma memang disarankan dikonsumsi saat menjalankan ibadah puasa, karena kurma mengandung berbagai manfaat bagi kesehatan kita. Namun buah kurma tidak hanya baik dikonsumsi saat puasa saja. Berikut ini adalah beberapa kandungan dan manfaat buah kurma.
Sebagian besar daging buah kurma terdiri dari karbohidrat dalam bentuk gula glukosa atau fruktosa sehingga menghasilkan rasa manis. Fruktosa yang terkandung didalam kurma mudah untuk dicerna oleh tubuh sehingga mengkonsumsi buah kurma saat berpuasa sangat dianjurkan, untuk mengembalikan stamina tubuh selama berpuasa. Selain mengandung karbohidrat, buah kurma juga mengandung vitamin B Kompleks,  vitamin A, sedikit vitamin C, Magnesium dan paling banyak Kalium yang merupakan zat gizi penting bagi tubuh terutama  pembuluh darah dan jantung.
Selain manfaat diatas kurma juga memiliki beberapa manfaat lain diantaranya:
  1. Kurma memiliki serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk memperlancar buang air besar.
  2. Kurma kering dapat menguatkan sel-sel usus karena mengandung serabut yang dapat mengontrol laju gerak usus.
  3. Kurma juga mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi. Buah kurma dipercaya dapat meningkatkan produksi air susu ibu bagi ibu menyusui.
  4. Buah kurma juga dapat mengendalikan tekanan darah tinggi dengan mengatur kadar prostaglandin yang berperan dalam proses tekanan darah. Namun penderita diabetes mellitus tidak disarankan terlalu banyak mengonsumsi kurma.
  5. Kurma juga bermanfaat untuk mengurangi ketegangan mental, histeria serta insomnia.

Tidak ada komentar: