clock

Kamis, 05 April 2012

Protein Mencegah Rasa Lapar Saat Diet

Protein Mencegah Rasa Lapar Saat Diet  !

Rasa lapar adalah godaan paling berat saat kita melakukan program diet.  Namun anda tak perlu khawatir karena setiap permasalahan pasti ada solusinya. Untuk menyiasati agar perut tidak terus menerus merasa lapar karena pembatasan jumlah kalori yang anda konsumsi, anda bisa menambahkan  lebih banyak porsi protein dalam menu makan anda.
Beberapa penelitian menemukan bahwa protein bisa membuat rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan lemak ataupun karbohidrat.  Dengan demikian jika anda mengkonsumsi protein lebih banyak maka makanan lainya yang anda konsumsi jadi lebih sedikit.
Bahkan sebuah study terbaru dari Universitas di Sydney juga mendukung teori tersebut. Para peneliti menemukan bahwa mereka yang lebih banyak mengkonsumsi protein lebih tahan terhadap rasa lapar.  Mereka memperkirakan kelebihan kalori yang dimakan orang dari kelompok protein sedikit bisa menyebabkan berat badan naik hingga 1 kilogram setiap bulan.  Protein merupakan unsur pembangun otot serta kalori. Protein dalam jumlah banyak diperlukan untuk memelihara otot daripada mempertahankan lemak.  Hal ini juga akan meningkatkan metabolisme.
Protein merupakan unsur makanan yang banyak mengandung zinc dan vitamin B, oleh karena itu dengan menambah porsi protein dalam menu makan kita bisa menguatkan sistem imun tubuh untuk melawan penyakit.
Jika anda rata-rata mengkonsumsi 1800 kalori dalam satu hari serta ingin menambah 15 % protein dari total kalori, maka anda memerlukan 68 gram kalori untuk dikonsumsi. Beberapa makanan sumber protein yang bisa anda konsumsi diantaranya telur, keju, ikan, kacang-kacangan, susu rendah lemak, serta biji-bijian lain seperti kedelai dan lain sebagainya.


Sumber  !

Tidak ada komentar: