clock

Jumat, 23 Maret 2012

Cara Menyeduh Teh Mempengaruhi Rasanya


 


 Cara Menyeduh Teh Mempengaruhi Rasanya  !

Menikmati segelas teh dipagi hari sebelum beraktifitas memang terasa nikmat. Minuman yang sudah ada dan banyak dikonsumsi sejak beberapa abad yang lalu ini memang digemari oleh hampir seluruh kalangan masyarakat. Teh merupakan minuman yang paling banyak dikonsumsi setelah air putih, di Indonesia sendiri teh memiliki beberapa varian diantaranya teh hitam, teh hijau, teh oolong dan ada juga teh putih. Selain variannya yang beragam teh juga dikemas dalam beberapa kemasan dari teh celup hingga teh tubruk. Namun tahukah anda bahwa cara menyeduhnya mempengaruhi rasa yang dihasilkannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda perhatikan saat menyeduh teh.
  • Temperatur
    Meskipun juga bisa “gosong”. Jika temperatur air yang digunakan untuk menyeduh terlalu panas, teh akan menjadi terbakar dan menjadikannya terlalu pahit dan berwarna hitam. Temperatur teh yang paling tepat untuk menyeduh teh adalah 80 derajat celcius untuk teh hijau dan  90 derajat celcius untuk jenis teh lainnya. Jika anda kesulitan mengukurnya, suhu ini basanya ditandai dengan gelembung air berukuran besar namun jangan sampai mendidih
  •  Lama penyeduhan
    Tiap jenis teh memerlukan waktu yang berbeda untuk proses penyeduhan. Teh hijau memerlukan waktu penyeduhan antara 30 detik hingga satu menit. Sedangkan teh jenis lainnya diseduh antara 3 hingga 5 menit. Khusus untuk teh putih lama proses penyeduhan tergantung selera penikmatnya.
  • Tempat Penyeduhan
    Ternyata wadah penyeduhan juga memiliki pengaruh terhadap citarasa teh. Agar teh menghasilkan rasa yang optimal, sebaiknya gunakan teko yang terbuat dari bahan besi cor. Teko dari bahan ini akan menjaga suhu air tetap panas selama proses penyeduhan. Dan hal ini akan mengoptimalkan daun teh mengeluarkan ekstraknya dan mineral antioksidan lainnya dalam daun tehnya. Sehingga selain teh terasa nikmat manfaat teh juga bisa lebih optimal.
    Sumber  !

Tidak ada komentar: